17 Mitos Seputar Blogging yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Blog

Beberapa tahun yang lalu ketika saya mulai dalam dunia blogging, saya memiliki pikiran bahwa sangat mudah untuk menghasilkan pendapatan melalui blog. Yang harus Anda lakukan hanyalah mempublikasikan beberapa postingan blog, menerapkan Adsense dan menempatkan beberapa iklan.

Hal yang lucu dalam pikiran saya adalah pengguna akan mengklik iklan Adsense saya dan saya akan mendapatkan uang yang cukup besar, ya besar. Itulah lucunya, saya tidak pernah fokus untuk mendapatkan lalu lintas.

Hal yang paling lucu lainnya, saya pikir tidak perlu mengkhawatiran lalu lintas. Tapi saya salah, uang bukanlah satu-satunya alasan untuk blogging. Pembaca, pengunjung dan juga keterlibatan untuk membangun blog, itulah hal yang paling penting.

Salah satu mitos blogging yang paling umum blogger pikir mereka akan mendapatkan uang hanya dengan menempatkan iklan di berbagai posisi dari blog mereka. Tapi, ini saja tidak bisa menghasilkan uang, Anda harus memiliki sejumlah besar pengunjung untuk menghasilakn uang dan mengarahkan lalu lintas adalah sisi paling sulit dari blogging.

Postingan hari ini saya akan berbagi mitos blogging yang umum dari perspektif dan pengalaman pribadi saya. Ada banyak mitos blogging yang Anda mungkin pernah dengar, yang mana mitos tersebut bukanlah fakta. Tidak ada hal seperti sisi gelap dari blogging, tetapi juga ada. Kebenaran-kebenaran blogging sering diabaikan, namun, jika Anda ingin memulai sebuah blog baru anda harus mengetahui hal ini.

17 Mitos Seputar Blogging yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Blog

1. Blogging Itu Mudah

Ketika saya mulai blogging satu hal yang ada di pikiran saya yaitu, Blogging sangat mudah. Sangat mudah untuk membuat posting blog yang bagus yang mana pembaca akan suka dan membagikannya. Tetapi hal itu tidaklah sepenuhnya benar ketika Anda tidak memiliki pengalaman dalam menulis artikel. Dalam blogging Anda harus tahu tentang desain grafis untuk membuat gambar postingan, harus cukup mahir dalam content writing, pengetahuan teknis, dll.

Blogging dikatakn mudah ketika Anda memiliki gairah untuk belajar hal-hal baru. Jika tidak, blogging merupakan pekerjaan yang sulit dalam mengelola blog secara individual, dan kemungkinan besar Anda akan segera meninggalkan blog anda.

2. Mempublikasikan Postingan Setiap Hari

Mitos konyol lain dari blogging, blogger berpikir mereka dapat menaikkan traffic dengan menerbitkan postingan blog baru setiap hari. Tapi sebenarnya menerbitkan postingan setiap hari tidak dapat mengarahkan lalu lintas ketika mereka tidak memberikan manfaat atau nilai lebih bagi pembaca. Mengapa seseorang harus membaca artikel anda yang tidak berguna itu? Betul tidak?

Jadi, mempublikasikan sedikit / banyak postingan tidak ada masalah, namun harus diingat adalah selalu berusaha untuk menyediakan konten yang membantu pembaca untuk mempelajari sesuatu yang baru atau layak dibaca.

3. Anda Harus Menjadi Ahli SEO

Saya telah melihat banyak blogger bersikeras bahwa seorang blogger harus menjadi ahli di SEO untuk menaikkan traffic blog dari Search Engine, tapi sebenarnya, tidak ada kebutuhan untuk menjadi seorang yang ahli dalam SEO. Apakah Anda secara pribadi terlibat dalam belajar SEO saat ini? Jika iya, maka itu juga bagus, setidaknya anda dapat mempelajari dasar-dasarnya.

Mengapa? Karena isinya membuat perbedaan, Anda harus tahu dasar dan beberapa keterampilan tingkat lanjut dalam hal ini dan saya percaya artikel Anda akan bisa bersaing di Search Engine. Ketika Anda berbagi content berharga, pengguna dan mesin pencari akan mencintai Anda.

4. Blogger Hanya Mengelola Blog Mereka

Blogging adalah sebuah profesi, tetapi juga hobi. Sebagian besar blogger telah memulai blog sebagai pekerjaan paruh waktu. Banyak blogger memiliki pekerjaan penuh waktu dan bidang profesi lainnya, dan mereka memiliki jadwal yang sibuk. Hal ini tidak mungkin bahwa mereka akan bebas selama jam kerja. Blogging adalah sesuatu yang memerlukan 2 sampai 3 jam minimum setiap hari.

Pemilik Sugeng.id dan Portal-Uang.com memulai perjalanan blogging sebagai hobi. Keduanya melakukan ini sebagai pekerjaan paruh waktu, dan sekarang mereka dikenal sebagai blogger top dalam dunia blogging.

5. Memulai Blog Baru Membutuhan Biaya Besar

Ketika saya mulai membuat blog .com pertama, saya pikir itu terlalu mahal untuk memulai sebuah blog, tapi nyatanya tidak. Anda dapat membuat blog blogspot gratis dan dapat menggunakan nama domain TLD khusus yang akan dikenakan biaya hanya kisaran 12$ per tahun.

Pasti ada banyak blogger di luar sana yang akan memberitahu Anda bahwa mitos yang satu ini salah. Banyak desainer blog menggunakan template megah yang tersedia gratis atau sangat murah untuk yang premium.

6. Hanya Menulis dan Publikasikan Seketika

Banyak orang yang bingung bahwa ia memerlukan banyak waktu dan energi dalam membangun dan menulis untuk blog. Mereka bertanya kapan para blogger menemukan waktunya untuk menulis postingan. Jawaban sederhana untuk pertanyaan ini adalah melakukannya selama waktu luang.

Banyak blogger menulis serangkaian artikel pada akhir pekan dan menjadwalkan artikel lainnya untuk hari-hari yang akan datang. Bahkan jika Anda akan berlibur, Anda dapat mempublikasikan postingan selanjutnya dengan mudah.

Ini adalah apa yang banyak YouTubers lakukan juga. Anda tidak perlu mempublikasikan artikel yang telah ditulis pada hari yang sama saat anda menulis artikel.

7. Memposting Artikel Hanya Memerlukan Beberapa Menit

Itu bisa terjadi pada beberapa kasus untuk beberapa artikel. Namun, kebanyakan postingan membutuhkan banyak waktu. Adanya penelitian, data pendukung, kemudian menemukan gambar yang sempurna dan membuatnya SEO friendly. Dibutuhkan waktu untuk mengoreksi paragraf dan kesalahan pengetikan. Semua itu butuh waktu !
Hal ini membutuhkan banyak usaha untuk mengoreksi kesalahan dalam tulisan Anda. Jika anda ingin membuat artikel yang berguna dan layak di baca, pasti itu semua butuh waktu layaknya seorang penulis menerbitkan suatu buku.

8. Anda Butuh Kamera Mahal atau Peralatan Untuk Blog

Jika Anda memiliki blog berniche kecantikan, fotografi, fashion atau blog visual lainnya. Maka kamera tidak membuat perbedaan dalam postingan blog. Jika anda perlu kamera, gunakanlah kamera android atau iphone anda, karena itu lebih dari cukup.

Salah satu kebenaran dalam blogging adalah konten merupakan elemen yang sangat penting dan lebih disukai dari pada kualitas gambar. Banyak juga yang mengatakan “picture can talk more than word”. Jika demikian kebenarannya maka orang-orang akan selalu berada dalam kesalah pahaman dari sebuah gambar tanpa adanya deskripsi yang dapat menjelaskannya.

9. Semakin Banyak Posting Semakin Banyak Pula Traffic

Saya juga salah dalam point ini seperti kebanyakan blogger baru lainnya, yang mana itu tidak 100% benar. Blogger pikir jika blog mereka memiliki banyak postingan blog, mereka akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Tapi pertanyaannya adalah, Apakah mereka memberikan informasi atau nilai lebih kepada pembaca atau anda hanya sebatas mengisi kekosongan blog Anda?

konten buruk tidak dapat membantu Anda mengarahkan lalu lintas, penjualan, keterlibatan, malah dapat menyebabkan Google Penalties. Jadi, Anda harus menghindari berbagi konten yang tidak berguna dan illegal. pengguna internet menginginkan artikel segar dan juga bermanfaat sampai Anda membuat mereka ingin mengunjungi blog Anda. Jika tidak, itu salah besar.

10. Social Media Hanya Buang-Buang Waktu

Media sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan peringkat pencarian dan lalu lintas. Anda harus menginvestasikan sejumlah besar waktu untuk pemasaran konten. Jangan hanya mengandalkan lalu lintas organik, media sosial juga dapat meningkatkan lalu lintas. Selalu berbagi konten Anda di situs sosial terutama di Facebook, Twitter dan juga Google+.

11. Iklan Merupakan Cara Terbaik Menghasilkan Uang Melalui Blog

Blogger pemula sering berpikir iklan adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang, tetapi kenyataannya adalah ada sejumlah cara untuk mendapatkan uang melalui blog. Affiliate marketing adalah pilihan terbaik untuk bisa menghasilkan pendapatan. Anda juga bisa mereview berbagai produk untuk bisa mendapatkan bonus ekstra.

Jadi, jangan pernah bergantung pada satu jalan untuk menghasilkan uang, menggunakan iklan, dan Affiliate marketing sama-sama bisa menghasilkan pendapatan yang baik. Saya masih ingat ketika saya mulai blogging dulu, Google Adsense adalah satu-satunya cara untuk bisa menghasilkan uang di pikiran saya. Sampai-sampai ketika direject oleh google adsense, membuat saya frustasi dan hampir meninggalkan dunia blogging.

12. Keahlian Menulis Merupakan Kebutuhan untuk Blogger Sukses

Anda harus menjadi ahli dalam menulis artikel tetapi jika Anda tidak ahli, maka bagaimana? Hmm .. maka tidak ada dan itu sepenuhnya salah. Hal utama yang cukup penting adalah Anda harus tahu bagaimana cara untuk bisa menyampaikan pikiran / suara anda di depan pembaca.

Usahakan menghindari kata-kata atau kalimat sulit karena tidak selalu orang dari pembaca anda bergelar master ketika membaca artikel Anda, kadang-kadang pembaca seperti saya juga membaca artikel Anda. [Saya tidak baik dalam bahasa tingat tinggi, jadi harap menulis dalam bahasa yang sederhana dan mudah saya pahami bahkan mudah dipahami oleh anak SD sekalipun karena saya juga ingin membaca artikel Anda untuk belajar hal-hal baru 😁 ].

13. Tidak Ada Seorang Pun Yang Ingin Membaca Artikel Panjang

Mitos lainnya yang saya dengar terus-menerus, jika boleh jujur, hal ini benar-benar mengganggu saya.

Beberapa orang menyarankan bahwa Anda hanya harus menulis postingan singkat (250-500 kata) karena orang tidak mau menghabiskan waktunya untuk membaca artikel 'panjang'. Mungkin bisa saja ini benar, tapi saya pikir mereka keliru akan hal ini. Anda harus bertanya pada diri sendiri 'Mengapa orang mengunjungi blog Anda? "Nah, jawabannya tentu tidak membaca postingan karena singkat, mereka ingin membaca postingan yang bermanfaat!

Itulah mengapa saya biasanya menulis postingan yang setidaknya 1000 kata per artikel (itu juga alasan mengapa saya hanya posting sekali / dua kali seminggu). Saya mencoba untuk memastikan bahwa artikel yang saya tulis berguna dan bermanfaat bagi pembaca saya, jika tidak mereka akan pergi ke tempat lain untuk mencari informasi tersebut. Sekarang, saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak dapat membantu pembaca jika menulis artikel pendek, tetapi jika Anda mencoba membatasi diri dalam menulis artikel yang panjang maka pada akhirnya Anda akan mengorbankan kualitas konten. Di sisi lain, postingan yang panjang tidak selalu berarti lebih baik, itu semua tergantung pada penulis.

Jadi, lupakan tentang berapa panjang artikel yang harus diposting! Tulislah artikel yang berguna, apakah itu 100 kata atau 10.000 kata. Orang-orang akan membaca postingan yang bermanfaat setiap harinya, baik itu panjang atau pendek. Karena yang terpenting adalah berguna, bermanfaat dan dapat membantu para pembaca.

14. Blogger Bisa Bekerja Dengan Hampir Setiap Produk Pada Niche Apapun

Blogging adalah industri itu sendiri dengan kampanye besar-besaran untuk pemasaran. Blogger diminta untuk meninjau, membantu, berpartisipasi dalam kampanye untuk mengiklankan semua jenis produk, apakah itu terkait dengan blog mereka atau tidak. Ini juga salah satu mitos blogging yang umum.

Banyak blogger tidak pernah menerima tawaran tersebut, selain itu, mengapa setiap blogger harus mempromosikan merek shampo pada blog otomotif? Bukankah itu tidak masuk akal ? Penawaran tersebut tidak menarik minat pembaca dan mungkin akan menyebabkan kerugian besar bagi blogger itu sendiri.

15. Harus Niche Tertentu

Temukan niche blog Anda dan bedakan diri Anda dengan blog-blog lainnya. Sebuah blog tidak harus ditentukan hanya pada satu topik tertentu. Banyak blogger suka menulis tentang semua jenis kategori. Bahkan penghargaan blogging yang telah diperkenalkan meliputi wilayah besar topik. Untuk blogger baru, mereka harus tahu bahwa blog mereka itu ditentukan oleh mereka sendiri.

16. Blogging adalah Jalan Termudah untuk Bisa Menghasilkan Uang

Hmm ... Tidak, itu tidak seperti yang anda bayangkan. Anda perlu melakukan kerja keras dengan strategi cerdas untuk membuat blog Anda berdiri di antara ribuan bahkan jutaan blog lainnya di luar sana. Bila Anda memiliki lalu lintas yang cukup, terutama organik, blog Anda akan berubah menjadi mesin penghasil uang. Hal paling penting yaitu kepercayaan pembaca, jumlah pembaca, dan juga traffic.

17. Traffic Tinggi = Banyak Uang

Nah, mitos umum lain dari blogging adalah, lebih banyak lalu lintas maka lebih banyak uang yang akan anda hasilkan. Izinkan saya mengajukan satu pertanyaan, Anda telah menempatkan banner iklan di situs Anda, tapi tidak ada yang mengkliknya maka bagaimana Anda akan mendapatkan uang.

Jadi, mendapatkan lalu lintas bukanlah kunci untuk menghasilkan pendapatan, Anda perlu mentargetkan lalu lintas / pengguna yang benar-benar tertarik untuk membeli produk. Jadi, untuk menggapainya research kata kunci adalah cara yang lebih baik untuk mendapatkan lalu lintas yang ditargetkan.

Kesimpulan:

Mitos-mitos blogging di atas berdasarkan pengalaman pribadi dan pemikiran saya, dan saya pikir blogger pemula sering berpikir seperti yang telah tersebut di atas. Tetapi kenyataannya adalah kerja keras dan kesabaran diperlukan untuk membangun sebuah blog sukses dan itu butuh waktu. Jika Anda ingin membangun sebuah komunitas yang aktif, pembaca setia dan traffic, Anda harus berbagi postingan yang berguna dan tentunya bermanfaat. Buat pembaca Anda sadar bahwa Anda peduli tentang mereka. Ketika mereka mulai mempercayai Anda, Anda akan mulai mendapatkan kredibilitas.

Menghasilkan uang melalui blog bukan merupakan pekerjan yang mudah saat anda memiliki blog baru. Sebagai seorang blogger, umumnya kita mengklaim bahwa kita tidak perlu uang, tapi uang juga merupakan hal penting untuk hidup. Setiap manusia membutuhkan uang untuk hidup yang lebih baik.

Saya harap artikel ini akan membantu Anda membuat keputusan sebelum menggeluti dunia blogging. Apakah Anda ingin berbagi mitos blogging lainnya yang Anda ketahui sebelum memulai terjun ke blogging atau Apakah saya melewatkan sesuatu? Jangan malu-malu untuk berbagi gagasan anda pada kolom komentar di bawah ini.

Keep Spirit and Happy Blogging 😎

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Isnin, Januari 23, 2017 delete

Bener banget mas, mending nge blog daripada main sosmed gak bermanfaat.
Semoga terus bisa semangat..

Reply
avatar
Selasa, Januari 24, 2017 delete

setuju saya gan, tapi pasti butuh kerja keras untuk menghasilkan uang dari blog

Reply
avatar
Selasa, Januari 24, 2017 delete

bener banget mas, bukan hal gampang untuk bisa menghasilkan uang dari blogging seperti orang2 pikirkan

Reply
avatar